• Day 1

Naik Bus Menuju ke Kota Bandung dari Kot

June 14, 2018 in India ⋅ ☀️ 42 °C

Kota Semarang adalah ibu kota Jawa Tengah dan Semarang berlokasi tepat di sebelah pantai utara laut Jawa. Kota Semarang adalah ibu kota Jawa Tengah dan kota ini terletak tepat ditengah-tengah ekstremitas pantai timur dan barat pulau. Jika anda ingin melihat pemandangan dari kejauhan, puncak Candi adalah pilihan terbaik anda. Anda dapat melihat dataran rendah dan ladang penuh dengan tanaman hijau, serta gunung dan pemandangan kota itu sendiri. Suasana Semarang sangat pas untuk perjalanan di siang hari seperti beberapa tempat darmawisata yang ada disini.

Dalam beberapa tahun terakhir kota yang indah ini telah menjadi pusat administrasi dan pusat perdagangan untuk seluruh Indonesia. Jika anda melihat lebih dekat lagi, anda akan menyadari bahwa banyak kantor-kantor, tempat perbelanjaan, dan pabrik-pabrik terletak di dataran rendah kota Semarang. Sementara itu sebagian besar perumahan mewah dan bungalow terletak di sisi kota yang berbukit. Semua rumah yang ada disini juga laut disekitarnya menambah keindahan pemandangan kota. Jendela-jendela rumah terbuka untuk menikmati pemandangan hijau yang mewah. Saya juga mengunjungi bagian kota Semarang yang sudah tua yang mana sangat dekat untuk menuju ke pelabuhan laut dimana anda masih dapat melihat tempat-tempat menarik seperti gedung-gedung yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda yang masih berdiri tegak hingga saat ini yaitu di little Netherland, di daerah kelurahan Purwodinatan. Dalam beberapa era tahun ini, telah dibangun gedung di samping dan di sebrang bangunan Belanda tersebut. Tempat ini benar-benar tempat yang patut untuk di kunjungi bahkan hanya sekedar untuk berjalan-jalan.

Jika anda masih punya sisa waktu untuk melakukan wisata, pastikan anda harus menonton pertunjukan boneka wayang tradisional yang seni dan budaya nya sangat kental dan khas. Ketika saya berinteraksi dengan warga sekitar yang ada disini, saya dapat menyadari bahwa orang yang tinggal di Semarang kebanyakan adalah orang-orang berdarah jawa. Selain warga lokal berdarah jawa, banyak juga orang-orang berdarah tiongkok yang menetap disini. Bagaimanapun, untuk dapat berbicara dengan warga sekitar lebih baik untuk mengetahui sedikit Bahasa Indonesia atau Bahasa Jawa yang mana akan sangat membantu untuk berinteraksi dengan mereka. Kota ini memiliki fauna resmi yaitu Kuntul Perak. Kuntul Perak adalah burung penetap yang memiliki paruh agak pendek dan leher berbentuk S tanpa simpul, garis paruh tidak melewati mata, iris berwarna kuning, paruh berwarna kuning berujung coklat, tungkai dan kaki hitam. Kembali ke perjalanan saya, saya membutuhkan waktu sekitar 4 hari disini untuk mengelilingi seluruh kota Semarang dan akhirnya sudah waktunya bagi saya untuk menutup perjalanan saya di kota yang sangat indah ini. Sesaat saya melihat rencana perjalanan saya dan tujuan kota selanjutnya adalah kota Bandung.

Dari pengalaman saya sebelumnya, saya memesan tiket dari situs jejaring https://www.redbus.id/tiket-bus/semarang-ke-ban… karena tidak banyak orang disini yang suka pergi ke Kota Bandung, maka hanya ada dua operator untuk bus yang menuju ke kota ini. Pahala Kencana memiliki sekitar 10 bus yang melakukan perjalanan satu hari dari jam 08.00 pagi sampai jam 17.30 di sore hari. Karena Pahala Kencana adalah operator bus wisata eksekutif, harga tiket yang diberikan mulai dari Rp 180.000,- keatas.

Waktu perjalanan yang dihabiskan sekitar 10 jam dan Operator Pahala Kencana melakukan beberapa kali istirahat singkat selama perjalanan. Nusantara adalah Operator Bus mewah yang memiliki 3 bus dan melakukan perjalanan setiap hari menuju kota Bandung. Harga satu tiket yang diberikan adalah mulai dari Rp 290.000,- keatas dan bus memiliki fasilitas yang bagus juga lengkap. Kursi yang dihadirkan sangat nyaman dan setiap tempat duduk memiliki soket pengisi daya tidak seperti bus umum lainnya yang hanya punya satu pengisi daya disetiap barisnya.